Sabtu, 22 November 2008

reflek bbl

Refleks yang Terdapat pada Neonatus Normal
§ Refleks Moro atau Refleks Terkejut
Refleks ini merupakan tanda adanya koordinasi neuromuskular yang memuaskan. Tidak adanya refleks moro mrnunjukkan kerusakan serebbral. Refleks ini dijumpai selam beberapa minggu setelah dilahirkan dan terdiri atas gerakan melontarkan kedua lengan serta kemudian menaraknya kembali dalam bentuk gerakan “memeluk”. Paha dan tungkai dapat pula bereaksi dengan cara seperti ini.
Bayi akan memperlihatkan refleks Moro sebagai reaksi terhadap rangsangan eksternal yang tiba-tiba. Refleksi ini dapat diperlihatkan dengan menurunkan kepala bayi secara cepat sementara bayi dalam posisi telentang, khususnya dengan menggunakan tangan yang dingin, segera akan menimbulkan refleks Moro.
§ Refleks Menggenggam
Refleks menggenggam bisa kuat sekali dan kadang-kadang abyi dapat diangkat dari permukaan meja/ tempat tidurnya sementara ia berbaring telentang dan menggenggam jari tangan si pemeriksa.
§ Refleks Mengisap
Bayi normal yang mature akan berupaya untuk mengisap benda yang menyentuh bibirnya. Refleks menelan juga terdapat.
§ Refleks Mencari atau Rooting Reflex
Kalau pipi bayi disentuh, ia akan menolehkan kepalanya ke sisi yang disentuh itu untuk mencari puting susu.
§ Refleks melangkah
Jika bayi diberdirikan dengan memegang badannya di bawah kedua tangannya sedemikia rupa sehingga kedua kakinya menyentuh suatu permukaan yang keras, maka ia akan mengangkat mula-mula tungkai, lainnya seperti gerakan mencoba berjalan/ melangkah. Refleks ini biasanya menghilang setelah tempo 48 jam.
§ Menangis
Tangisan bayi yang baru lahir harus kuat dan jernih.setiap variasi dari keadaan ini misalnya tangisan yang lemah merupakan keadaan yang abnormal dan harus dilaporkan.

Tidak ada komentar: