Sabtu, 22 November 2008

makalah

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Seorang wanita di waktu hidupnya, pasti melalui berbagai masa kehidupan antara lain bayi wanita , masa kanak-kanak, masa pubertas, masa reproduksi , dan masa Klimakterium sampai dengan menopause, serta senium. Dalam hal ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai masa klimakterium sampai menopause .
Klimakterium bukan suatu keadaan patologis, malainkan suatu masa peralihan yang normal, yan berlangsung beberapa tahun sebelum dan sesudah menopause. Menopause sendiri adalah haid terakhir, atau saat terjadinya haid terakhir. Bagian klimakterium sesudah menopause disebut pra menopause ( 6 tahun sebelum menopause ) dan bagian klimakterium sesudah menopause disebut pascamenopause (6-7 tahun sesudah menopause ).
Sedangkan senium adalah masa sesudah pascamenopause, ketika telah tercapai keseimbngan baru dalam kehidupan wanita, sehingga tidak ada lagi gangguan vegetatif maupun psikis.

B. Tujuan
Maksud dari penyusunan makalah yang berjudul “ kehidupan wanita masa klimakterium sampai menopause” ini adalah agar para wanita, baik yang masih produktif maupun non produkitif, dapat berjaga-jaga bila nantinya masa klimakterium tiba. Wanita dapat mempersiapkan mental dan fisiknya untuk melampaui masa klimaterium , agar tidak kaget dan merasa kesulitan saat itu. Karena wanita dalam masa klimakterium terjadi perubahan-perubahan tertentu yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan atau bahkan gangguan-gangguan ringan maupun berat. Disamping itu , perlu dipahami oleh para suami agar cepat lebih memahami istrinya jika saat klimakterium dan menopause tiba. Karena saat itu banyak gejala-gejala yang timbul yang jika tidak dihadapi dengan baik, dapat membuat kehidupan rumah tangga menjadi tidak atau kurang harmonis.
BAB II
PEMBAHASAN

A. Klimakterium
1. Pengertian
Klimaterium adalah masa peralihan dalam kehidupan normal seorang wanita sebelum mencapi senium yang mulai dari akhir masa reproduktif dari kehidpan sampai masa non reproduktif. Pada umumnya orang lebih suka men ggunakan istilah “ menopause” meskipun istilah tersebut kurang tepat, karena menopause hanyan merupak kejadian sesaat saja, yaitu pendarahan haid yang terakhir. Yang paling tepat digunakan adalah klimakterium, yaitu fase peralihan antara pramenopause dan pasca menopause.
2. Fase Klimakterium
Klimakterium dibagi menjadi beberapa fase :
1) Premenopause
Premenopause adalah masa 4-5 tahun sebelum menopause, keluhan klimakterik sudah mulai timbul, hormone estrogen masih dibentuk. Terjadi pada usia 40 tahun. Fase ini di tandai dengan siklus haid yang tidak teratur, dengan pendarahan haid yang memanjang dan jumlah darah gaid dyang relative banyak dan kadang-kadang di seratai nyeri haid (Disamenorea). Pada wanita tertentu telah timbul keluhan vasomatik dan keluhan sindrom pramenstual (PMS). Perubahan endokrinologik yang terjadi adalah berupa fase folikuler yang memendek, kadar estrogen yang tinggi. Akibat FSH yang tinggi perangsangan ovariumk yang berlebihan (hiperstimulasi ) sehingga kadang diumpai kadar estrogen yang sangat tinggi.
2) Perimenopause
Perimenopause merupakan fase peralihan antara pramenopause dan pascamenopause. Fase ini ditandai dengan siklus haid yang tidak teratur. Siklus haid lebih dari 38 hari. Meskipun terjadi ovulasi, kadar progesteron tetap rendah, kadar FHS, LH dan estrogen sangat bervariasi. Pada umumnya wanita telah mengalami berbagai jenis kaluhan klimaktaterik
3) .Menopause
Jumlah folikel yang mengalami atresia makin maningkat sda,pai suatu ketika tak tersedia lagi folikel yang cukup. Produksi estrogen pun berkurang dan tak terjadi haid lagi yang berakhir deengan terjadinya menopause. Jadi, menopause diartikan sebagai haid alami terakhir dan hal ini tidak terjadi bila wanita menggunakn kontrasepsi hormonal pada usia perimenopause. Pendarahna terus terjadi selama wanita masih menggunakan pil kontrasepsi secara siklik dan wanita tersebut tidak mengalami keluhan klimaterik. Tidak pernah diketahui kapan wanita itu memasuki usia menopause. Untuk menentukan diagnosis menopause , pil kontarsepsi harus segera di hentikan dan satu bulan kemudian dilakukan pemeriksaan FSH dan estradiol.
Pada usia menopause ditemukan kadar FSH yang tinggi. Kadar estradiol pada awal menopause dijumpai rendah, hanya pada sebagian wanita, sedangkan pada sebagian wanita lain, apalgi pada weanita gemuk, kadar estradiolnya tinggi. Diagnosis menopause yaitu bila seorang wanita tidak haid selama 12 bulan dan dijumpai n kadar FSh darah lebih dari 40 mlu/ml dan kadar estradiol kurang dari 30 pg/ml, talah dikatakan wanita tersebut telah mengalami menopause.
4) Pascamenopause
Pascamenopause adalah mas 3-5 tahun setelah menopause, dijumpai hipergonadotropin (FSH dan LH) m dan kadang-kadang hipertiroid. Ovarium sudah tidaki berfungsi lagi sama sekali. Kadar estradiol berda antara 20-30 pg/ml. akibat rendahnya kadar estradiol, endometrium menjadi atropik dan tidak mungkin muncul haid lagi.
5) Klimakterium prekok
Klimakterium prekok adalah klimakterium yang terjadi pada wanita kurang dai 49 tahun. Penyebab terjadinya klimakterium prekok adalah :
a. Kelainan pada kromosom (45X, sidrom tuner), 47XXX, 45XO, 45XO mosaik
b. Penyakit auto imun, seperti heroiditis , morbus Addison , poliendokrinopatia, vitikgo, miastenia gravis, lupus, eritematosus, trombostomenia idiopatik, DM juvenile, glo meru lonefritis, artitis rheumatoid, penyakit crohn dan asama bronkale.
c. Penyakit metabolik, seperti galaktosemia, hemokrematise
d. Riwayat keluarga
e. Inveksi virus, seperti mumps-ooporitis
f. Kemoterapi
g. Sindrom ovarium resisten
3. Gejala- gejala syndrom klimakterium
Penurunan fungsi ovarium dapat berlangsung cepat pada sebagian wanita dan lebih lambata pada wanita lain. Sebagian wanita menghasilkan estrogen endogen yang cukup tinggi sehingga tetap tanpa gejal , sedangkan yang lain mem perlihatkan beragam gejala semasa klimakterium. Gejala- gejalnya dapat dikelompokan menjadi :
1) Gangguan neurovegetatif (vasomotor ik-hipers mptikotoni) yang mencakup :
- Gejolak panas (hot flushes) - TD yang g oyah
- keringat malam yang banyak - berdebar- debar
- Rasa kedinginan - susah bernapas
- Sakit kepala - jari-jari atropi
- Desing dalam telinga - gangudan usus (meteorismus)
2) Gangguan psikis
- Mudah tersinggung - kurang bersemangat
- Depresi - Insomania atau sulit tidur
- Mudah lelah
3) Gangguan organic
- Infark mikorad - Nyeri senggama ( dispareunia)
(ganguan sirkulasi) - Kulit menipis
- Atero-sklerosis - Gangguan kordiovaskuler
( hiperkolestrolemia)
- Osteoporosisi
- Gangguan kemih
4. Peru bahan-perubahan organic pada masa klimakterium
Organ sasaran Bentuk Perubahan Akibatnya
- Urogenital



- Hemodinamik



Metabolisme

- Endokrin


- Vegetatif
-
Atropu vulva vagina uterus, vesika urinaria


Gangguan pembuluh darah tepi, hiperkolestrolemia, kekuarangan kalsiun
Gangguan metabolisme karbohidrat
Hiperfungsi hipofisis, disfungsi tiroid, peningkatan androgen
Hipersimpatikotonik, ataksi
Elastisitas menurun, mengecil, kering, mudah cedera, mudah infeksi
Infark miokrad



Aterosklerosis, oteoporosis, adipositas
Hipertiroid, defeminisasi, virilisasi

Labil, gangguan somatik

5. Keluhan – keluhan
Sekitar 40-48% dari semua wanita dalam usia klimakterium mempunyai keluhan. Gejala yang tetap dan tersering adalah :
1. Gejolak panas
Gejolak panas merupakan sensasi seperti gelombang panas yang meliputi bagian atas dada, leher dan muka. Biasanya diikuti oleh gejala – gejala psikologik seperti rasa takut, tegang, depresi, mudah marah, mudah tersinggung, gugup dan jiwa kurang mantap.
2. Banyak Keringat
Keringat pada malam hari merupakan keluhan yang sangat mengganggu, sehingga menimbulkan lelah dan sukar bangun pagi.
3. Sakit kepala, rasa kesemutan di tangan dan kaki, serta nyeri tulang dan otot.
4. Atrofi epitel genital yang dapat mengakibatkan virginitas senillis. Gejala – gejalanya mencakup : iritasi, rasa terbakar, priritus, leukorea, dispareunia, perdarahan pervaginal, penurunan sekresi pervaginal, penipisan epitel dan mudah kena trauma, pemendekan dan pengurangan kelenturan vagina.
5. Kulit wanita banyak dipengaruhi oleh estrogen sehingga menimbulkan kulit kehilangan elastisitasnya, berkerut dan kering. Hal tersebut mengurangi kecantikan wanita, sehingga wanita merasa kurang percaya diri.
6. Gangguan psikogenik, mencakup : peningkatan rasa gelisah, depresi, mudah cemas, insomnia dan sakit kepala.
7. Osteoporosis
Adalah gangguan tulang yang terutama menyerang tulang trabekuler, menyebabkan pengurangan sehingga mengakibatkan tulang keropos.
6. Masalah Psikologis
Semua gejala psikologis yang timbul pada masa pubertas maupun pada masa klimakterium seperti rasa takut, tegang, rasa sedih, mudah tersinggung dan depresi sebenarnya sangat tergantung pada perubahan hormonal tubuh wanita itu sendiri. Pemberian estrogen dengan dosis rendah dapat mengatasi masalah tersebut. Walaupun ini tidak berarti bahwa semua gejala psikis hanya disebabkan oleh berkurangnya hormon estrogen saja.
Disfungsi seksual pada wanita menopause lama dianggap oleh ahli psikologi dan ahli psikoterapi sebagai gangguan psikogenik, telah menunjukan respon terhadap pengobatan normal. Penyembuhan dapat dilakukan dengan estrogen, meliputi krim estrogen vaginal, untuk keluhan seperti vagina kering dan dispareunia dan dengan androgen untuk keluhan kehilangan gairah seksual.
Wanita pascamenopause telah kehilangan hingga separuh dari produksi androgen. Walaupun kebanyakan wanita pascamenopause menunjukan respon yang baik terhadap pengobatan estrogen – progesteron, beberapa membutuhkan tambahan androgen. Penambahan androgen memperkuat gairah seksual dan meningkatkan frekuensi khayal seksual bila dibandingkan dengan estrogen saja atau placebo. Pada Yale Mid-Life study program, androgen tidak rutin diberikan kecuali ada definisi pada kadar testosterone total atau bebas.
Ø Kehidupan Seks pada Masa Klimakterium
Banyak yang berpendapat bahwa hubungan seks tidak mungkin dilakukan lagi pada masa klimakterium. Pendapat ini tidak dapat dibenarkan lagi. Hubungan seks tetap dapat dilakukan meskipun usia telah lanjut. Akibat kekurangan estrogen, vagina menjadi kering dan mudah cedera, sehingga terasa sakit saat bersenggama. Rasa sakit ini dapat dihilangkan dengan pemberian hormon berupa tablet estrogen oral maupun krim vagina. Berkonsultasi dan meminta nasehat dokter tetap merupakan cara terbaik. Masalah utama yang menyebabkan seorang wanita tidak mau melakukan hubungan seks adalah faktor psikis. Keadaan serupa biasanya ditemukan pula pada suami. Istri dan suami mengeluh bahwa mereka sudah tua, badan sudah lemah, untuk apa melakukan hubungan seks lagi. Sekali lagi pendapat tersebut tidak benar, karena hubungan seks sangat berpengaruh dalam hubungan keserasian suami istri.
7. Pencegahan Dampak Masa Klimakterium
1) Pencegahan Kehamilan
Semua jenis kontrasepsi alamiah seperti pantang berkala pencatatan suhu basal badan, maupun bentuk lainnya sebaiknya tidak dipakai. Cara ini hanya dapat digunakan pada wanita yang siklus haidnya masih teratur. Penggunaan pil sebagai kontrasepsi, selain dapat mengatur siklus haid juga sekaligus dapat menghilangkan keluhan klimakterik. Kerugiannya adalah bahwa dengan siklus haid yang tidak te ratur tidak dapat ditentukan wanita tersebut memasuki menopause. Bila sudah tidak haid lagi 12 bulan berturut – turut, sudah pasti wanita itu memasuki usia menopause, sehingga kehamilan sudah tidak mungkin terjadi.
2) Pencegahan Osteoporisis
Pencegahan osteoporosis pascamenapause bukan hanya bergantung pada estrogen, karena pengobatan dengan progresteron juga efektif dalam mencegah kehilangan tulang (bone lost). Penambahan progresteron ke pengobatan nestrogen mungkin penting dalam mencegah osteoporosis tetapi mungkin penting dalam mengobati penderita yang telah mengalami osteoporosis.
Sementara kebanyakan kajian menunjukan bahwa pengobatan estrogen menghambat penyerapan kalsum dari tulang. Sangat mungkin dengan memulihkan kadar kalsitonin yang turun setelah menopause, sekurang – kuranya 3 kajian telah memperlihatkan bahwa kombinasi pengobatan estrogen – progresteron sesungguhnya meningkatkan masa tulang dengan pembentukan tulang baru.
3) Pencegahan Penyakit Jantung Koroner
Beberapa kajian terbaru menyarankan bahwa estrogen dapat memberikan khasiat protektif terhadap penyakit kardiovaskuler terutama bila dipakai estrogen alamiah dosis rendah yang cukup untuk memulihkan gejala menopause.Penurunan 63% pada harapan kematian akibat penyakit jantung diamati 1000 wanita yang diobati dengan progesteron yang diawasi selama 15 tahun. Pada wanita yang di obati selama 25 tahun yang di awasi selama 25 tahun dan dibandingkan dengan yang tidak memakai estrogen, ditemukan penurunan bermakna pada :
a. Penyakit arteri koroner
b. Gagal jantung kongsetif
c. Penyakit kardiovaskular aterosklerotik
d. Hipertensi
The Nurse’s Study memastikan bahwa :
a. Pemakaian estrogen pascamenopause secara bermakana mengurang I penyakit jantung koroner.
b. Pemakaian sekarang mengurangi risiko bahkan lebih rendah.
c. Manfaat ini di peroleh setelah penyesuaia terhadap faktor – faktor seperti :
- Merokok
- Hipertensi
- Diabetes
- Kolesterol Tinggi
- Riwayat infak mikroard pada orang tua
- Riwayat pemakaian kontrasepsi oral
- Obesitas
Wanita yang hidup dengan keluhan klimakterium dapat melakukan hal-hal sebagai berikut :
- Makanan yang bergizi dan pengaturan diit terutama diit tinggi kalsium dan rendah lemak.
- Menghindari ppeningkatan berat badan dan bila sudah terlanjur gemuk, berat badan perlu diturunkan.
- Olahraga dan tidur yang teratur, mengurangi kenaikan TD dan obstipasi.
- Carilah ketenangan lebih banyak mendekat pada Tuhan.
- Jauhkan diri dari pekerjaan yang menjemukan.
- Pendekatan dengan dokter keluarga atau orang yang dianggap sesuai untuk membicarakan masalah yang sedang dialami.

B. Menopause
Masa menopause merupakan peristiwa aslamiah.Menopause yaitu titik ketuaan pada wanita sehingga tidak mampu berproduksi lagi (40-50).Menopause juga berarti haid terakhir yang dialami wanita yang masih dipengaruhi oleh hormon reproduksi yang terjadi pada usia menjelang atau pada usia lima puluhan.Seorang wanita diokatakan telah menopause bila tidak mendapat haid lagi sejak satu tahun terakhir.
1. Perubahan tubuh menjelang masa menopause
a. Uterus Mengecil
b. Tuba fallopii : lipatan tuba memendek, menipis dan mengerut.
c. Ovarium : menciut, terjadi penurunan fungsi ovarium untuk menghasilkan hormone estrogen dan progesterone, berhenti menghasilkan telur.
d. Cerviks : mengerut.
e. Vagina : terjadi penipisan dinding vagina, secret / lender vagina mulai mongering, menylitkan hubungan suami istri.
f. Vulva (bibir rahim) : jaringan vulva menipis karena berkurangnya jaringan lemak, kulit menipis, pembuluh darah berkurang, akibatnya sering timbul rasa gatal.
g. Rambut kemaluan pada wanita mulai menipis sebagian rontok dan mulai memutih / uban.
h. Payudara : jaringan lemak berkurang, putting susu mengecil akibatnya payudara mulai melembek, mengendor dan keriput.
i. Hipertensi : turunnya hormone estrogen dan progesteron menyebabkan :
a) HDL cholesterol (cholesterol?baik?)menurun
b) LDL cholesterol (cholesterol?jahat?)meningkat
j. Osteoporosis (pengroposan tulang)
Dengan turunnya hormon estrogen dan progesteron, maka terjadi pengroposan tulang. Turunnya kadar hormone estrogen dan progesteron juga menyebabkan Zat Calsium / kapur tidak dapat disimpan dalam tulang, sebaliknya kalsium dalam tulang mulai menyusut. Tandannya mulai terasa ada nyeri di tulang yang di anggap sebagai rematik yang jika berobat acap kali hanya di beri obat penghilang rasa nyeri.
2. Gejala yang dirasakan pada masa menopause.
a. Gejala panas di muka, leher dan dada, disusul keringat banyak, berlangsung biasanya pada malam hari.
b. Timbul rasa tertekan, sedih, gugup, mudah marah dan ketakutan menjadi tua.
c. Karena Vagina mulai mongering terasa nyeri yang sangat saat berhubungan dengan suami.Keadaan ini berlanjut hingga menyebabkan isteri menolak melayani suami.
3. Hubungan sex suami istri pada saat menopause.
Hubungan sex suami istri sebagai lambang cinta dan kemesraan setiap pasangan muda maupun tua tetap di perlukan, bahkan dalam masa menopause harus tetap berlangsung 1-2 kali perminggu.Keringnya vagina dan menurunnya fungsi sexsual pada wanita dapat diobati dengan pemberian tblet hormone estrogen alami dan progesterone alami. Selain itu dapat menggunakan pelican ( jelly) yang dengan mudah bisa di beli di Apotek / toko obat secara bebas.
Tetapi mengatasi masalah pada istri belum tentu hubungan sex suami – istri 1-2 kali perminggu dapat terlaksana, masalah pada suami ”nafsu besar tenaga kurang”, para suami juga mengalami gangguan ereksi.Beruntunglah dengan pengobatan saat ini gangguan ereksi pada pria usia lanjut telah dapat di atasi. Hendaklah para pasangan suami istri pada usia lanjut, tetap mampu membina hubungan suami istri ini.
4. Cara Mengatasi Keluhan Menopauose
Pengobatan atau pem berian hormon estrogen (tablet) dan progrseteron alami selain mengatasi kaluhan menopause, terbukti mengurangi bahaya acaman kanker endometrium (dindingdalam rahim) maupun kanker payudara. Demikian jug adapt menyebabkan wanita terhindar dari hiperkolestrol (kolestrol tinggi) yang berakibat lanjutan penyakit darah tinggi, stroke dan penyakit jantungkoroner. Selain itu hormone ini juga menyebabkan tulang wanita tetap padat, terhindar dari osteoporosis (pengeroposan tulang), sehingga wanita terhidar dari reumatik dan tetap bisa akltif bekerja dan berdaya guna hingga usia yang amat lanjut.
Pemberian estrogen dan progesteron diberikan secara siklus selam 21 hari tiap bulan, di ikuti masa istirahat sampai akhir bulan untuk memberikan kesempatan terjadinya haid. Pemberian hormone kombinasi ini dapat berlangsung 30-40 tahun, tanpa perlu takut terjadi keganasan. Jarang terjadi penyembuhan gejala menopause dalam waktu singkat, perlu 1-2 tahun, ini membuat wanita bosan, selain harga obat mahal, menyebabkan banyak yang menghentikan pengobatan.
Jeni9s estrogen alamiah yang sering digunakan ESTROL, dikenal dengan merk dagang OVESTIN buatan pabrik organon . tersedia dalam tablet 1 mg, 2mg dan cream 1 mg/ gram untuk pemakaian local di vulva/ vagiana
Progresteron alamiah yang banyak digunakan adalh MEDROXY PROGRESTERON ACETATE, merk dagangnya PROVERA, buatan pabrik Upjohn. Tersedia dalam bentuk tablet 2,5 mg dan tablet 10 mg.
Dosis yang dianjurkan adalah 1 tablet OVESTIN 1 mg / hari + 1 tablet PROVERA 2,5 mg / hari dimulai tanggal 1-21 setiap bulan, selanjutnya istirahat minum obat sampai akhir bulan. Pemberian ini di maksudkan agar wanita mendapatkan haid bulanan.
Fito Estrogen
Selain obat hormonal yang mengandung estrogen, ada pula senyawa ilmiah dalam tumbuh-tumbuhan dan kacang-kacangan yang stukutur kimianya mirip dengan estrogen, serta menghilantgkan efek seperi estrogen yang disebut fito estrogen, ter banyak dalam kacang kedelai.
Fito estrogen terdapat dalam produk olahan kacang kedelai, seperti tahu, tempe dan susu kacang kedelai, asal dimakan tiap hari, ternyata dapat mengurangi/ men cegah hot flush pada saat menopause, mengurangi resiko peninggian kolestrol dengan akibatnya hipertensi , penyakit jantung koroner dan stroke. Tahu dan tempe bila digoreng , akibat panas yang tinggi akan merusak estrogen.segelas susu kedelai setiap hari cukup bermanfaat mengurangi keluhan menopause dan menghambat osteoporosis.
5. Aspek Psikologis Seksual Wanita Dalam Menopause
Sampai umur 40 tahun, tidak jelas ada penurunan fisik yang menimbulakn akibat pada kehidupan seksual pada wanita secara langsung. Hal yang dapat mem berikan dampak negative adlah menurunya kecantikan sehingga dapat mengurangi ketertarikan suami. Pada sebagian wanita payudara mulai menurun, kurang kencang , sehigga menimbulkan percaya diri dan sekaligus menurunkan gairah suami.
Selanjutnya dengan pelaksanaan KB, wanita hanya mempunyai 2-3 anak saja, makin banyak anak waktu untuk mengurus diri, kesehatan dan kecantikan . kemunduran fisik akan lebih lambat, sehingga tidak begitu jelas lagi dan tidak terasa lagi bagi kedua belah pihak.
Proses menopause yang jelas pada wanita adalah menopause yang pada umumnya terjadi men jelang/ pada usia 50 tahun . gangguan fisik terjadi bila proses menopause terjadi terlalu dini. Bila menopause berjalan lambat misalnya 3-4 tahun, maka gejala kecil sekali, hamper tidak terasa.
Proses menopause pada sebagian wanita sering dikaitkan dengan kehidupan seks. Dulu proses terjadinya menopause berati kemampuan untuk men dapt anak dan pada sebagian wanita dikaitkan terhentinya kehidupan seks. Adapun sangat keliru , bahkan sesudah menopause seagian wanita justru mengalami peningkatan dorongan seksual, karena tidak ada lagi ketakutan akan hamil. Bahkan jauh setelah menopause, hubungan seksual suami istri harus di jaga demi keharmonisan pasangan pad ausia tua.



























BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Jika dapat disimpulkan bahwa masa klimaterium adalah masa peralihan dalm kehidupan normal. Seorang wanita sebelum mencapai senium yang mulai dari akhir masa reproduktif dari kehi9dupan sampi masa non reproduktif . Sedang menopause adalh haid terakhir pada wanita. Pada masa ini wanita mengalmi perubahan-perubahan dalam dirinya organ-organ reproduksi maupun psikologi.

B. Saran
Untuk mengubah keadaan akan adanya keluhan pada masa klimakteriumwanita dapat melakukan beberapa cara seperti makan-makan bergizi, olah raga teratur, mencari ketenangan mungkin dari peningkatan berat badan, pendekatan pada orang ketiga yang sesuai untuk membicarakan masalh yang sedang dihadapi , dan lain sebagainya.













DAFTAR PUSTAKA

Baziad, ali.2003.menopause dan Andropauuse. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawiro Hardjo
Wiknjosastro, Hanifa. 2005. Ilmu kandungan. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo
WWW.sammarieclinic. Com
WWW.bkkbn.go.id
WWW.Jakarta.go.id

Tidak ada komentar: